April 24, 2014

Metode Pemanfaatan Sampah Anorganik

3R Tree
Ada beberapa cara menangani pengurangan sampah yang lebih dikenal dengan prinsip 3R meliputi kegiatan:

1.    Reduce (Mengurangi)
Kegiatan mengurangi sampah, tidak akan mungkin menghilangkan sampah secara keseluruhan tetapi secara teoritis aktivitas ini akan mengurangi sampah dalam jumlah yang nyata. Oleh karena itu kita harus mengurangi pengunaan bahan atau barang yang kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari, karena semakin banyak kita menggunakan bahan atau barang, maka akan semakin banyak sampah yang dihasilkan. Mengurangi produksi sampah dapat dilakukan dengan cara :

ü  Menggunakan bahan atau barang yang awet.
ü  Mengurangi penggunaan barang sekali pakai.
ü  Mengurangi belanja barang yang tidak terlalu dibutukan.
ü  Merawat dan memperbaiki pakaian, mainan, perkakas dan per­alatan­rumah tangga daripada menggantinya dengan yang baru.
ü   Menggunakan kantong plastik (kresek) 3 sampai 5 kali untuk berbelanja.

2.    Reuse (Memakai kembali)
Sebisa mungkin pilihlah barang- barang yang bisa dipakai kembali, hindari pemakaian barang yang sekali pakai, hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum menjadi sampah. Pemakaian kembali barang bekas tanpa harus memprosesnya dulu seperti :
ü  Memanfaatkan barang kemasan menjadi tempat penyimpanan sesuatu.Sepertibotol plastik, botol kaca masih dapat dipergunakan kembali untuk keperluan lainnya. Contohnya botol plastik digunakan sebagai tempat bibit tanaman.
ü  Menggunakan bahan yang bisa dipakai ulang daripada yang sekali buang, sebagai misalnya : membeli batere yang dapat diisi ulang daripada batere sekali buang.

3.    Recycle (Mendaur ulang)
Sebisa mungkin barang - barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang, tidak semua barang bisa didaur ulang namun saat ini sudah banyak industri formal yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain. Sampah anorganik yang masih memiliki nilai ekonomis yang dapat didaur ulang (misalnya : kertas, plastik, gelas, kaleng, botol, sisa kain), dilakukan pengepakan kemudian dijual kepada pengepul sampah sedangkan sampah anorganik yang tidak dapat dimanfaatkan lagi dibuang ke TPA.

No comments:

Post a Comment