October 08, 2013

Mengenal Zat CO2 Dalam Alat Pemadam Api

Alat pemadam api memiliki berbagai jenis zat atau bahan yang berfungsi untuk memadamkan api sesuai kelasnya. Diantara berbagai bahan yang digunakan sebagai alat pemadam api diantaranya yang sering digunakan adalah yang berbahan CO2 atau biasa dikenal dengan karbon dioksida

Anda pasti pernah mendengar tentang jenis alat pemadam api CO2, namun masih sedikit informasi mengenai salah satu zat pemadam api yang banyak digunakan diberbagai lokasi ini.

Sebenarnya apa sajakah sifat-sifat CO2 itu ? lalu bagaimanakah cara CO2 digunakan sebagai Alat pemadam api ?

Sifat-Sifat CO2

CO2 atau karbon dioksida adalah suatu jenis gas yang memiliki sifat tidak terbakar, dan lebih berat dari udara. Jika karbon dioksida diarahkan dengan tepat pada api, maka CO2 dapat menggantikan udara disekitar sumber api. CO2 juga sangat dingin sehingga juga bekerja dengan mendinginkan bahan bakar serta sifat CO2 lainnya yaitu tidak menghantar listrik, tidak berbau dan tidak meninggalkan bekas/bersih.

Fire-Triangle
Teori Fire Triangle
Menurut teori fire triangle sumber api dapat terjadi karena ada 3 faktor yaitu:

  1. Bahan bakar
  2. Sumber panas 
  3. Oksigen
 Untuk memadamkan api harus memutus salah satu dari 3 rantai tersebut dan karena sifat CO2 yang dapat menggantikan oksigen maka CO2 dapat digunakan sebagai alat pemadam api.



CO2 Sebagai Alat Pemadam Api

Karbon dioksida digunakan untuk memadamkan api dengan menyingkirkan atau merubah komposisi udara normal menjadi komposisi udara rendah. Oksigen akan turun dari 21% ke 15% kebawah. Zat pemadam CO2 memiliki sifat pemadaman yang baik serta meminimasi kerusakan pada peralatan yang dilindungi.
Karena CO2 bersifat menurunkan komposisi oksigen, Maka biasanya alat pemadam api berbahan CO2 tidak ditempatkan pada ruangan yang tertutup. Jika alat pemadam berbahan CO2 disemprotkan diruangan tertutup, akan berbahaya bagi orang yang berada dalam ruangan karena dapat mengakibatkan kekurangan oksigen. Atau jika Anda terpaksa menggunakan CO2 diruangan tertutup, pastikan Anda menyemprotkannya disaat berada di pintu keluar.

Alat pemadam api berbahan CO2 umumnya dipakai pada daerah atau ruang-ruang yang tidak dihuni secara terus-menerus, seperti pada ruang-ruang mesi, genset, PABX dan ruang penyimpanan data. Atau ditempatkan pada lokasi yang berdekatan dengan alat-alat elektronik seperti komputer, CCTV, alat laboratorium dan lain-lain. Karena sesuai dengan sifat CO2 yang tidak akan merusak alat yang dilindunginya maka barang-barang penting elektronik tidak rusak.

Ciri Khusus Alat Pemadam Api CO2


Ciri khusus yang membedakan alat pemadam api CO2 dengan alat pemadam lainya adalah adanya corong plastik yang lebar. Contoh di gambar adalah jenis Alat pemadam api CO2 dari Gunnebo, Corong ini berfungsi untuk memudahkan mengarahkan CO2 ke sumber api, dan untuk melindungi tangan pengguna dari dingin.

Gas CO2 yang bertekanan tinggi akan menimbulkan dingin jika melewati lubang nozzle yang sempit. Untuk mendapatkan hasil pemadaman yang terbaik arahkah corong langsung ke seluruh permukaan bahan yang terbakar.




sumber: Tahu gak sih?

No comments:

Post a Comment